Foot Note

Foot Note: Catatan Kaki.

 

/ (Garis miring): Biasanya menunjukan sebuah hubungan antara beberapa karakter yang terlibat dalan hubungan romance.

! (Tanda seru atau aklamasi): Diletakkan antara kata sifat dan nama karakter. Menunjukkan bahwa di fanfiction tersebut karakter akan bersifat seperti itu.

 

A

Author Note: Catatan penulis untuk menjelaskan sesuatu yang biasanya diselipkan dalam cerita.

Anonymous: Seseorang yang memposting sesuatu dalam sebuah forum atau komentar tanpa menyertakan identitas dirinya.

 

B

Bard: Salah satu sebutan untuk penulis fanfiction. Bard arti sebetulnya ialah ‘tukang cerita’.

Beta Reader: Seseorang yang mengomentari dan mengedit hasil karya orang lain sebelum selesai atau dipublish. Kurang lebih dapat dianggap sebagai editor dari suatu fanfiction.

 

C

C&C (Comment and Critism): Umpan balik (review) setelah membaca sebuah fanfiction. Berisi komentar dan kritik atau saran untuk fanfiction tersebut.

Constructive Criticism: Umpan balik (bisa berupa kritik maupun saran) yang membantu, berguna, dan terperinci, bukannya kasar, meremehkan atau flame.

Copyright: Hak kekayaan intelektual untuk memperbanyak, menerbitkan, dan mengedarkan hasil tulisannya. Author fanfiction tidak memiliki hak secara hukum atas tokoh canon. Ia hanya bisa mengklaim OC dan ide ceritanya.

Cover Art: Art/gambar yang dibuat sebagai cover untuk sebuah fanfiction. Penulis-penulis fanfiction barat yang terkenal banyak membuat cover art untuk fanfiction yang ditulisnya

Cross-posting: Mengirimkan fanfiction yang sama ke beberapa board/bilis/site.

 

D

Disclaimers: Informasi yang biasanya diletakkan di atas sebuah fanfiction. Disclaimer merupakan pengakuan secara tertulis oleh seorang author fanfiction bahwa fanfiction yang ditulisnya berasal dari anime/manga/book/game/movie/misc yang dibuat oleh pengarang aslinya.

Doujinshi: Secara harafiah dalam istilah Jepang yang umum untuk sekelompok orang atau teman yang berbagi minat, aktivitas, hobi, atau prestasi. Namun biasa diketahui sebagai semacam fanart yang dibuat oleh fans atau komikus amatir berdasarkan manga, anime, game atau novel yang sudah populer. Ceritanya berkisar pada parodi atau lanjutan kisah yang merupakan imajinasi dari si pembuat doujinshi itu sendiri.

 

F

Fanact: Kegiatan yang dilakukan oleh para penggemar, menulis fanfiction, membuat fanart, mengkritik fanfiction, dll.

Fanart: Merupakan karya seni atau gambar kreasi yang didasarkan pada karakter anime/manga yang disukai, atau cerita yang diciptakan oleh orang lain selain seniman aslinya. Istilah ini berlaku untuk seni yang dilakukan oleh fans karakter dari buku, biasanya digunakan untuk merujuk pada seni yang berasal dari media visual seperti komik, film atau video game. Bisa juga sebagai gambar karakter dari yang dihasilkan oleh para fans sendiri. Selain lukisan tradisional dan gambar, fans juga dapat membuat web banner, avatar, atau animasi berbasis web, serta kolase foto, poster, dan representasi artistik film/show/kutipan buku.

Fanbase: Akun dalam social network ataupun blog yang berisi mengenai informasi tentang idolanya. Biasanya fanbase ini sering mengadakan project dalam rangka merayakan ulang tahun sang idol ataupun konser dan lainnya.

Fancam: Video artis yang direkam oleh fans.

Fanclub: Klub resmi dan tidak resmi dari seorang idola maupun grup.

Fandom: Pada umumnya dapat diartikan dari suatu komunitas (sekelompok orang) yang tertarik, menikmati, membaca, dan menulis fanfiction dari suatu cerita seperti komik, manga, novel, film, dll.

Fanfic: Kependekan dari fanfiction. Sebuah cerita yang diangkat berdasarkan acara TV, buku, film, komik, dll dengan memakai tokoh atau situasi tertentu yang ada dalam sumber aslinya.

Fanficcer: Seseorang yang menulis fanfiction.

Fanmade: Dapat berupa mixing video, cover dance, lagu dll yang berhubungan dengan artis tertentu. Sama halnya dengan fanart.

Fanservice: Adegan yang sengaja dibuat oleh para fans untuk menyenangkan fans lain, namun tidak berhubungan dengan jalan cerita, dan umumnya hal ini berbau erotisme.
Fansign: Sesi tanda tangan (baik album, photobook, dll) yang dilakukan oleh artis, biasanya berselang beberapa minggu seteleah perilisan album.

Fanwar: Perang yang terjadi antar fans artis/fandom.

Fanvid (Fan Video): Video buatan fans yang dibuat kombinasi klip aslinya.

Fanzine atau ‘Zine: Majalah yang berisi fanfiction, fanart, dan hal-hal lainnya.

Fan-chant: Kata-kata yang diteriakkan fans untuk mendukung idolanya, yang diciptakan agar bisa pas dengan melodinya.

Fan-meeting: Sebuah acara yang diadakan oleh artis untuk bertemu dengan fansnya, biasanya diisi dengan sesi tanya jawab, tanda tangan, foto bareng, dll.

Fan-project: Sebuah proyek yang diadakan oleh fanclub/fanbase dari seorang artis atau grup idola.

Fan Account: Akun blog/website yang dibuat oleh penggemar yang bercerita tentang artis kesukaannya.

Feedback: Pendapat para pembaca fanfiction,bisa berupa pujian, kritik membangun, bisa juga flame.

Fen: Penggemar suatu buku, film, atau game. Fen adalah bentuk jamak dari fan.

Fidge: Istilah untuk fanfiction yang sangat menarik.

Flame: Kritik keras yang menghina sebuah fanficiont maupun orific. Dalam tahap yang lebih parah, flame sering ditujukan kepada author fanfiction tersebut secara langsung, bukan kepada fanfiction/karyanya.

Flamewar: Perang kritik yang dilakukan dalam review, email, forum, journal, dan lain-lain.

Fuxing: Memberi tanggapan atas suatu fanfiction, namun isinya tidak benar-benar seperti yang dimaksud, karena tidak ingin menyakiti hati si penulis, atau tidak ingin memulai suatu flamewar.

 

G

Gen Fen: Orang yang lebih suka alur non-slash atau mereka yang menentang slash karena dianggap merusak karakterisasi asli.

 

H

Hiatus: Suatu keadaan dimana seseorang beristirahat/jeda dalam kegiatan/pekerjaannya untuk sementara waktu. Dalam dunia tulis-menulis, hiatus berarti menghentikan penulisan suatu karya tulis untuk sementara waktu, namun masih akan dilanjutkan. Bila tidak dilanjutkan lagi, dinamakan discontinued.

 

I

Idol: Istilah yang digunakan untuk selebritis muda K-Pop. Yang membuat mereka berbeda dari penyanyi lainnya karena mereka menjalani masa training selama beberapa tahun.

 

K

Kitsching: Menulis tanggapan positif terhadap fanfiction yang sangat banyak tanggapannya (mungkin istilah pendeknya ikut-ikutan) agar terlihat seperti menggemari fanfiction itu juga, meski mungkin sebenarnya tidak begitu suka.

 

L

LoC (Letter of Comment): Pesan singkat yang berisi apresiasi dari pembaca yang diberikan untuk penulis. Kata lain feedback.

Lurker: Anggota milis, messageboard, atau forum lain yang jarang memberikan feedback atas karya yang telah dibacanya. Disebut juga silent readers.

 

M

Mainstream Fandom: Merupakan komunitas pecinta anime/manga/komik/buku/film yang memiliki banyak pembaca, penulis, dan pengikut.

Mundane: Sebutan untuk orang yang bukan fan, atau yang tidak tahu apa itu fanfiction.

 

N

Newbie/Newcomer: Pendatang baru di sebuah komunitas atau group.

Nonshipper: Orang-orang yang membenci popular pairing.

 

O

Out: Istilah yang menggambarkan seorang fans yang tidak segan-segan memperlihatkan pada dunia luar kecintaannya pada fandom ini (biarpun orang-orang menganggapnya aneh). Istilah ini mulanya dari frasa “Out of the cupboard”.

 

P

Plagiarism: Mengambil karya orang lain, kata perkata, dan mengakuinya sebagai milik sendiri. Bahasa gaulnya ialah mencontek/menjiplak.

Purist: Orang yang hanya mau membaca cerita yang sesuai dengan kisah aslinya/canon.

 

R

R&R, R/R (Read and Review): Kata yang biasanya diletakkan di summary yang bertujuan agar pembaca mau membaca karya dan memberikan umpan balik.

 

S

Ship/Shipper: Istilah untuk menyebut suatu hubungan roman.

 

T

Tabestry Syndrome: Kecenderungan mendapat ide yang sangat banyak untuk membuat bermacam-macam FF, tapi tidak ada yang selesai.

Timeline: Merupakan setting waktu secara global yang digunakan dalam fanfiction/orific. Kejelasan dari timeline suatu fanfiction/orific sangat penting agar pembaca tidak kebingungan.

TPTB (The Power that Be): Merujuk pada pemilik dari serial tv/manga/novel/dll. Biasanya disebut dalam Disclaimer.

 

W

Writer Block: Merupakan suatu keadaan dimana seorang author tidak dapat menulis karena alasan-alasan tertentu (tidak ada ide, tidak sempat karena sedang sibuk, dsb).

 

 

 

*Diambil dari berbagai sumber, di edit dan dilakukan penambahan sendiri.

 

Take it with full credit!

Re-post with permission!

https://thehouseoffiction.wordpress.com/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s