Apa itu Manga, Mangaka, dan Tankoubon?

manga

Manga (baca; man-ga, atau ma-ng-ga-ka) merupakan komik yang dibuat di Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19.

Di Jepang, orang dari segala usia membaca manga. Media mencakup karya dalam berbagai genre: aksi-petualangan, asmara, olahraga dan permainan, sejarah drama, komedi, fiksi ilmiah dan fantasi, misteri, detektif, horor, seksualitas, dan bisnis / perdagangan, dan lain-lain. Sejak 1950-an, manga telah terus menjadi bagian utama dari industri penerbitan Jepang. Manga juga telah mendapatkan pembaca di seluruh dunia yang signifikan.

Cerita manga biasanya dicetak dalam hitam putih, meskipun beberapa manga penuh warna sudah ada. Di Jepang, manga biasanya serial di majalah manga besar, sering mengandung banyak cerita, masing-masing disajikan dalam satu episode kemudian dilanjutkan dalam edisi berikutnya. Seorang seniman manga biasanya bekerja dengan beberapa asisten di sebuah studio kecil dan berhubungan dengan editor kreatif dari perusahaan penerbitan komersial. Jika seri manga cukup populer, mungkin dianimasikan setelah atau bahkan disaat manga sedang berjalan. Terkadang manga terpusat pada dahulu sebelumnya yang terdapat aksi langsung atau film animasi.

Istilah manga adalah kata dalam bahasa Jepang yang merujuk baik untuk komik dan kartunis. Manga sebagai istilah yang digunakan di luar Jepang merujuk secara khusus untuk komik aslinya yang diterbitkan di Jepang.

Jenisnya:

  1. Kodomo. Manga yang ditujukan untuk anak-anak
  2. Shoujo. Manga yang ditujukan untuk remaja perempuan.
  3. Shounen. Manga yang ditujukan untuk remaja laki-laki.
  4. Josei. Manga yang ditujukan untuk wanita.
  5. Seinen. Manga yang ditujukan untuk pria.

 

Mangaka (baca: man-ga-ka, atau ma-ng-ga-ka) adalah orang yang menggambar manga. Disebut juga komikus di Indonesia.

 

Manga Scan adalah manga yang di scan, dan biasanya banyak beredar di internet.

 

941195_original

Tankoubon adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf. Di Jepang, suatu manga di terbitkan per-chapter di majalah kumpulan manga. Setelah itu baru dirilis ulang dalam bentuk buku paperback jika judul tersebut dirasa sudah terkenal atau jumlah chapter-nya sudah mencukupi.

 

 

Resource from http://id.wikipedia.org/wiki/Manga

*Ditambahkan dari beberapa sumber lain, di edit dan dilakukan penambahan sendiri.

 

Take it with full credit!

Re-post with permission!

https://thehouseoffiction.wordpress.com/

Advertisements